Yuk Belajar Sejarah Bank Indonesia dengan Mengunjungi Museum Bank Indonesia

Yuk Belajar Sejarah Bank Indonesia dengan Mengunjungi Museum Bank Indonesia

Sejarah Bank Indonesia – Indonesia memang miliki sejarah yang sangat panjang, sebelum sampai kepada ‘Indonesia saat ini’. Begitu banyak sekali hal-hal yang menarik untuk diketahui dan dipelajari mengenai Indonesia beserta peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya. Dijadikan sebagai media pembelajaran, hadirlah begitu banyak museum-museum yang tersebar di seluruh provinsi agar masyarakat awam dapat mengetahui asal usul terbentuknya negara yang menjadi Tanah Air mereka, tak terkecuali di kota Metropolitan Jakarta.

Tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat lokal, museum-museum sejarah yang terdapat di Jakarta pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang tengah berkunjung. Jika ditelusuri, sebenarnya banyak sekali museum-museum yang terdapat di Jakarta ini lho, seperti museum Fatahillah, museum Nasional atau museum Gajah, museum Wayang, hingga museum yang menceritakan mengenai sejarah bank seperti museum sejarah Bank Indonesia.

Lalu, apa saja sih yang akan kamu pelajari di dalam museum sejarah Bank Indonesia? Dapat dikatakan bahwa museum ini termasuk ke dalam kategori museum modern yang mulai memanfaatkan teknologi canggih dalam menyuguhkan informasi kepada para pengunjung.

1. Sejarah Mata Uang

Dengan mengunjungi museum ini, kamu bisa mempelajari mengenai sejarah dibalik desain pada mata uang rupiah Indonesia. Yang Membuatnya menarik, informasi yang disajikan dibuat dalam bentuk instalasi interaktif sehingga membuat pengunjung tidak bosan dan semakin tertarik untuk

2. Sejarah Keuangan

Selanjutnya, kamu juga bisa belajar mengenai sejarah keuangan yang terjadi di Indonesia melalui video yang dapat disaksikan di ruangan auditorium yang terdapat di museum Bank Indonesia. Hanya saja, video ini hanya ditayangkan sebanyak 2 kali saja setiap harinya, yaitu pada jam 11 dan pada jam 2 siang.

Maka dari itu, bila kamu memang berniat untuk mengunjungi museum Bank Indonesia untuk dapat menyaksikan video, maka datanglah sebelum waktu yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Sejarah Indonesia

Layaknya seperti museum-museum pada umumnya, di museum Bank Indonesia juga terdapat area display yang berisikan aneka ragam informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia. Tidak hanya berupa gambar ataupun foto dan tulisan, informasi pun juga disajikan melalui patung-patung yang berpose guna menunjukan peristiwa yang bersangkutan.

Hadirnya patung-patung tersebut tentu membuat informasi yang diberikan menjadi lebih mudah untuk dicerna oleh para pengunjung, khususnya pengunjung anak-anak.

Dengan mengunjungi museum bank Indonesia, kamu tidak hanya mendapatkan informasi dan pengetahuan baru, kamu pun juga dapat menikmati arsitektur gedung yang masih sangat kental akan sejarahnya.

Dahulu kala, Bank Indonesia berfungsi sebagai pengatur berbagai macam kegiatan yang masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Hindia-Belanda. Namun, diikuti oleh usainya penjajahan di masa Hindia-Belanda, fungsi dari Bank Indonesia pun diperluas menjadi sekaligus pengawas kegiatan perbankan, moneter, dan pembayaran. Hingga saat ini, Bank Indonesia bahkan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kestabilan nilai rupiah terhadap mata uang asing.

Jika kamu telusuri secara mendalam, Bank Indonesia itu sendiri memiliki alur sejarah yang cukup panjang dan rumit, ditambah lagi bahwa Bank tersebut telah berdiri sejak tahun 1828 yang membuatnya menyimpan begitu banyak sejarah dan peristiwa tersembunyi, yang sebenarnya sangat menarik bila dipelajari lebih lanjut.

Namun, perjalanan dari sejarah Bank Indonesia tidaklah hanya berhenti disitu. Masih akan banyak sekali peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan, baik itu kegiatan perekonomian maupun perbankan yang terjadi di Indonesia, tidak hanya saat ini, namun juga di waktu yang akan datang.

Jadi, bagaimana menurut mu mengenai sejarah bank Indonesia? Sangat menarik untuk dipelajari, bukan? Nah, jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai sejarah Bank Indonesia namun belum memiliki waktu untuk datang ke museum Bank Indonesia secara langsung, baca dulu saja informasinya melalui https://www.cekaja.com/info/sejarah-bank-indonesia-dari-de-javasche-hingga-fintech/