Mau Masuk Jurusan IT RPL? Nih Persiapan Lu Sebelum Masuk Ke Jurusan Tersebut

RenaldiRey.ID - Mau Masuk Jurusan IT RPL? Nih Persiapan Lu Sebelum Masuk Ke Jurusan Tersebut

Assalamualaikum bro, kali ini Renaldi mau memberikan sebuah tips nih buat lu yang mau masuk ke Jurusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak atau singkatannya itu RPL bro.

Gue gak tau bahasan yang gue bahas sekarang ini banyak atau tidak, tapi gue akan membahas apa-apa saja yang perlu lu siapin untuk masuk ke jurusan smk rpl.

Cerita sedikit sih ya, gue masuk ke jurusan smk rpl juga dulunya gak punya persiapan apa-apa, cuma dari guenya sendiri aja yang tertarik dengan dunia pemrograman dan juga gue pernah belajar secara otodidak tentang tag syntax di html, css dan javascript. Tapi itu hanya sebatas iseng doang kok gak di buat project atau apa πŸ˜€ wkakakak …

Sepertinya gue udah pernah cerita juga ya sebelumnya kalo gue nyari-nyari jurusan smk rpl itu gimana? Belum kali yak bro, haha … 3 Tahun lalu (kek dongeng aje bro πŸ˜€ ) bro, gue nyari jurusan itu susah banget di daerah gue πŸ˜€ sampe-sampe ke daerah depok yang belum pernah gue lewat kesana, dan gue dapet informasi sekolahnya itu dari internet. Dan akhirnya gue bisa masuk ke jurusan tersebut πŸ˜€ .

Udah ah ceritanya nanti gak bakalan selesai lagi bro πŸ˜€ wakakka … Oke begini bro, sebetulnya gak banyak yang perlu lu siapin kalo lu mau masuk ke jurusan tersebut, gue memberikan tips begini biar lu-lu pada gak nyesel masuk jurusan rpl πŸ˜€ karena dari sekian banyaknya murid di lingkungan sekolah gue, pada nyesel di pertengahan dan di akhir setelah dia mengambil jurusan rpl :v Banyak dah alasan-alasannya, mulai dari “gak bisa ngoding“, “gak ngarti ngoding“, dan lain sebagainya dah bro πŸ˜€

Nih bro persiapan-persiapan apa aja kalau lu mau masuk ke jurusan smk rpl, berikut adalah persiapannya:

1. Rasa kepo yang besar (bukan kepoin cewek terus bro), dan punya mental baja

Maksudnya apa lagi Ren? Maksud gue gini bro, banyak tantangan ketika lu masuk ke jurusan rpl bro, entah itu ketika lu di kasih materi hanya materi dasar tanpa praktek, ada juga setelah di kasih materi dan juga di praktekkin, eh pas di kasih tugas buat besok malah di luar jalur materinya (tapi gak jauh dari bahasa program itu juga), nah dari situlah lu harus memiliki kekepoan yang tinggi biar bisa mengimbanginya, ya iseng-iseng gimana gitu buat sample project dll dah πŸ˜€

2. Kuat berlogika ketika masuk ke pelajaran kejuruan

Ada temen gue yang punya nilai matematikanya bagus, kalo orang mikirnya “kalo udah jago mtk(matematika) pasti udah jago nih di kejuruan RPL“, eh realitanya bukan begitu bro. Bukannya gue merendahkan orang atau gimana ya, tapi gue cukup terheran-heran dan juga kaget ngeliatnya juga. Maka dari itu bro, lu harus kuat berlogika pada pelajaran kejuruan, gak hanya kuat berlogika di hitung-hitungan matematika aja, tapi kuat berlogika juga di kejuruannya. Biar bisa mengimbangi mata pelajaran kejuruannya.

3. Punya Laptop

Lah kok harus punya Laptop? Kan ada ruangan lab untuk mata pelajaran kejuruannya. Kenapa harus punya laptop dan memang benar bro di setiap lab ada komputernya juga dan juga lengkap. Tetapi kalo tiba-tiba komputernya tidak berfungsi dengan baik ataupun rusak total, masa iya harus di berhentiin dulu materi kejuruannya πŸ˜€ hahaha …

Tapi jujur bro, gue juga awalnya gak punya laptop sama sekali, dan juga handphone gue masih jadul (apa hubungannye Ren πŸ˜€ ). Jadi ya gimana ya bro, kalo di bilang harus ya harus, biar kita bisa mandiri juga buat ngejar materi materi kejuruan yang ada di sekolah. Tapi untuk lu yang gak punya laptop jangan berkecil hati bro, kan ada ruangan lab buat lu belajar bahasa program.

Tapi Ren, ketika lu punya tugas dari mata pelajaran kejuruan dan gak punya laptop, apa yang harus di lakuin? Kalo gue sendiri dan yang pernah gue alamin, gue bakalan ke warnet buat ngerjain tugas kejuruan, kalo perlu juga ambil paket malem di warnet biar tugas kejuruannya kelar πŸ˜€ kalo gue sih gitu πŸ˜€

Tapi lagi Ren, ketika lu di sekolah dan di lab komputernya gak berfungsi lagi apalagi yang lu bilang itu, gimana? Kalo gue sih minjem ke orang-orang bro, mau siapa aja kek gue minta pinjemin, tapi bro, di sekolah gue tuh susah banget nyari orang yang bisa minjemin laptop apalagi dibolehin bawa pulang buat ngerjain di rumah. Untungnya bro, gue punya temen yang percaya sama gue dan laptopnya bisa gue bawa pulang buat ngerjain tugas yang mata pelajarannya kejuruan bro πŸ˜€ Jadi gak ke warnet-warnet terus πŸ˜€ . Tapi saat masuk sekolah dan mata pelajarannya full kejuruan, ya mau gak mau gue ganti-gantian atau gue yang ngerjain tugasnya dia juga biar gue bisa kelarin tugas gue juga πŸ˜€ wakakaka … Sayangnya sih bro gak banyak orang yang begitu, asal lu tau aja sih, dari sekian banyaknya temen yang gue kenal di sekolah, cuma beberapa doang yang mau gue pinjemin laptopnya.

Tapi lagi Ren, kalo misalkan sudah tiba waktunya buat magang, terus belum punya laptop, gimana Ren? Emang lu fikir waktu gue magang gue punya laptop? Saat gue magang gue gak punya laptop bro, untungnya aja perusahaannya ada laptop yang gak kepake jadinya bisa gue pake buat ngerjain tugas magang yang di kasih sama pembimbing dari orang sana.

Ohh iya bro dan satu lagi bro dan gue gak masukkin di list (sengaja emang gak gue masukkin πŸ˜€ ) Dan juga ini termasuk saran juga sih, biar lu gak pusing dan juga biar gak kaget ketika masuk gak taunya langsung to the code πŸ˜€ mau gak mau lu iseng-iseng berhadiah buat ngegrasak-grusuk atau pelajari sendiri gimana tag syntax-syntax html dan hal lainnya (yang simple-simple dulu aja bro πŸ˜€ ) biar gak kaget πŸ˜€ dan juga ada ancang-ancang apa yang harus lu siapin πŸ˜€
Dulu juga gue begitu bro πŸ˜€ sesudah move on dari yang namanya “ngegame” gue ngegrasak-grusuk kode-kode di blogger πŸ˜€ wakakak πŸ˜€ Dan sekarang gue kangen ngegame bro (Apa hubungannye coba Ren πŸ˜€ )

Itu aja sih bro saran dari gue buat lu yang awam banget dengan jurusan rpl dan bisa lu persiapin dan lu pertimbangkan untuk lu masuk ke jurusan tersebut πŸ˜€ kuat atau enggaknya lu bisa mempertimbangkannya sendiri, dan mau masuk atau enggaknya terserah elu lah bro πŸ˜€ kan elu yang punya diri bukan gue πŸ˜€ wakakak πŸ˜€ tapi gue hanya memberikan saran ini aja sih bro πŸ˜€

Oke, itu aja sih bro tentang “Persiapan Masuk Jurusan RPL” Dan terima kasih juga sudah mampir ke blog RenaldiΒ yang seadanya πŸ˜€ .

Ohh iya, gue ada review nih tentang minuman yang bikin adem nih di tenggorokan dengan judul review “Marimas bikin Adem, Tidak bikin Batuk” yang bisa lu baca di https://renaldirey.id/marimas-bikin-adem-tidak-bikin-batuk/

Sekian dan terima kasih bro.

Wassalamualaikum War’rahmatulahi Wabarakatu.