Assalamualaikum bro, kali ini Renaldi bakalan curhat tentang Gue dan Ojek Online yang Nyasar bro. Gue sih gak perlu memberitahukan identitas mereka ya bro, tapi sumpah dah ini pengalaman pahit gue selama gue pakai layanan ojek online. Dan baru kali ini saja gue nyasar sama Tukang Ojek Online.
Ceritanya gini bro, kejadiannya sih sudah lama banget bro sebenarnya, cuma gue baru share disini nih, kira-kira kejadian ini gue alamin tahun kemaren lebih tepatnya sih pada tanggal 18 November 2017 bro, kebetulan gue mau ke suatu tempat yang menurut gue belum pernah gue kunjungi dan tidak tau menau tentang rutenya. Saat itulah gue terfikirkan untuk meng-order pengojek dari aplikasi android.
Setelah dapat dan fix kalau dia yang bakalan nganterin gue, ya gue tunggu di salah satu tempat, kemudian dia SMS gue patokan lokasi gue nunggu dimana. Jujur aja sih bro, saat itu keadaan gue lagi gak ada pulsa untuk balas SMSnya, ya gue berharap aja dia menelpon ke nomer gue untuk mencari tau gue lagi nunggu dimana, gak lama banget sih gue nunggunya, eh tau-taunya dia nelpon gue juga(kalo gak nelfon sih gue diemin aja sampe si pengojek cancel order, kebetulan aplikasi yang gue pake ini user pengordernya gak bisa ngecancel order tersebut bro).
Setelah selesai ketemu dan siap-siap untuk berangkat, gue ditanya sama pengojek tersebut alamat tepatnya dimana. Memang tempat yang gue tuju itu ada di Google Maps dan kata orangnya sih sudah tepat lah ya lokasi tempatnya. Ya gue jawabnya sih “Lihat aja pak di orderan saya”. Setelah banyak ngomong sama si pengojek ini tentang lokasi yang gue tuju, ya gue udah siap berangkat bro ke lokasi yang gue tuju dan pengojeknyapun sudah siap berangkat juga.
Ya karena dia gak tau jalannya dimana, gue inisiatif untuk bertanya kepada orang yang mau gue temuin di sana, akhirnya gue kasih tau patokannya dimana. Nah setelah sudah gue kasih tau dan memang arahan dari orang yang gue kontak ini masuk ke Gang mana gitu gue lupa. Setelah sesampainya disana si pengojek juga gak tau daerah itu bro, gue kira sih si pengojeknya ini tau, ternyata tidak sama dengan ekspektasi gue. Pengojek ini seakan-akan bingung gimana gitu, dia nanya tentang tempat yang gue tuju selalu gue jawab “gak tau pak, saya juga baru pertama kali mau kesana”. Setelah itu dia bertanya-tanya kepada warga yang ada di Gang tersebut, nah sesampainya disana sempat nyasar bro satu kali, gue suruh aja pengojeknya gini “Pak, tolong deh pak pakai Google Maps untuk pemandu jalannya, kebetulan smartphone saya tidak mendukung untuk menggunakan aplikasi itu”, eh dia jawab gini “Saya gak mau mas pakai aplikasi Google Maps, saya juga tidak terlalu percaya dengan Google Maps”. Ya saat itu kondisinya sih sama-sama tidak mau mengakses Google Maps bro. Kalau gue sendiri sih gak mau akses Google Maps karena gue lagi menghemat kuota gue yang gak banyak ini, selain itu juga jaringan gue cuma bisa 2G, jadi realtime aplikasinya gak berasa kalo gue pake juga.
Berkali-kali dia bertanya kepada warga setempat, dan sempat nyasar di ketiga kalinya bro. Gila gak tuh, haha …
Si pengojeknya ini sempat marah-marah bro, ya gue menganggap kalau dia seperti kecewa atau gimana gitu. Dia bilang gini “Kamu gak tau patokannya gimana mau kesana, orangnya yang mas kontak itu juga gak jelas. Jadinya gimana mas?”. Merasa kesal dan gue gak terima, gue bilang gini ke pengojeknya “Saya sih memakai layanan ojek online karena saya gak tau tempat lokasinya itu dimana pak, yasudah pak turunkan saya di Margo City“. Sesampainya disana, gue bayar gak semuanya bro, ya gue kurangin dikit karena gue merasa kecewa bro, kuranginnya juga gak banyak-banyak bro, kasian gue kalo ngurangin banyak-banyak.
Jujur aja sih bro, selama gue pakai layanan Ojek Online, gue gak pernah nyasar seperti ini bro, baru pertama kalinya gue nyasar dengan ojek online macam ini bro. Gue aja pernah menyuruh pengojeknya untuk buka aplikasi Google Maps karena gue gak tau tempatnya, dan dia mau. Baru pengojek ini doang yang gue temuin dia nolak buat buka Google Maps, gue gak tau alasan pastinya. Intinya sih gue kecewa sama pelayanan dari pengojeknya bro.
Pesan gue bro buat Driver Ojek Online, apapun brandnya:
“Kalau tidak tau lokasi yang dituju Pelanggan, cobalah buka aplikasi semacam Google Maps kalau tidak tau rutenya. Layani pelanggan dengan sebaik mungkin supaya bisa mendapatkan feedback baik dari mereka. Kalau tidak tau patokan lokasinya dari kedua belah pihak, dan Drivernya juga gak mau buka aplikasi semacam Google Maps dan tidak tau tempatnya, mendingan cancel order aja itu lebih baik. Karena kebutuhan orang memakai layanan Ojek Online berbeda-beda”
Kurang lebihnya sih begitulah percakapan yang gue ingat saat gue nyasar itu, haha …
Itu saja sih bro penglaman buruk gue menggunakan layanan jasa ojek online. Semoga aja lu yang membaca ini jangan mengalaminya, pokoknya nyesel dah bro kalo ngalamin hal yang seperti ini.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum War’rahmatulahi Wabarakatu.