Apakah bisa Situs tanpa di submit ke Google Webmaster Tools, Website itu bisa terindeks baik oleh Google?

Apakah bisa Situs tanpa di submit ke Google Webmaster Tools, Website itu bisa terindeks baik oleh Google?

Assalamualaikum bro, kali ini gue mau sharing sesuatu nih tentang SEO nih. Hmmmmm … Mungkin lebih tepatnye gue hanya memberikan pendapat gue sendiri tentang sebuah situs tanpa di submit ke google webmaster tools tapi bisa terindeks di halaman pencarian google. Loh kok bisa?? Bisa dong bro πŸ˜€ . Kenapa gue bilang bisa? Karena gue sendiri sudah mengalaminya. Hmmmmm … sudah berapa kali yak gue mengalaminya πŸ˜€ ahsudahlah lupakan pokoknya yg terakhir ini gue mengalaminya di platform wordpress itu sendiri πŸ˜€ sisanya di platform lain bro πŸ˜€ . Apa yang membuat faktor situs itu bisa di index oleh search engine google walaupun tanpa di submit?? Hmmm …. menurut gue pribadi sih karena situs itu memiliki kelengkapan meta tag yang dibutuhkan untuk search engine itu sendiri.

Mustahil tidak sih tanpa submit ke google webmaster bisa terindex semua konten dari situs tersebut?

Tentu gak mustahil bro, karena gue sudah mengalami hal itu dalam eksperimen gue πŸ˜€ . Ohh iya sedikit cerita untuk pengalaman gue dengan situs tanpa di submit ke google webmaster dengan platform wordpress, jadi begini ceritanye bro πŸ˜€ .
Entah kenapa gitu bro, dapet ide yang nganu bro πŸ˜€ jadi gue ada ide untuk membuat sebuah subdomain dari renaldirey.id ini yang bertujuan untuk mencari klien-klien yang sedang membutuhkan jasa seo, jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi android dan jasa pembuatan artikel. Rencana awalnya sih mau dijadikan dummy saja, tapi gue berubah pikiran setelah gue melihat perkembangan yang begitu pesat untuk beberapa kata kunci yang mencakup wilayah, contohnya “jasa seo depok“, gak gue sangkaΒ subdomain itu bisa mencapai di pageone atau halaman pertama google. Situs tersebut juga kontennya belum lengkap alias masih lorem lorem ipsum gitu bro πŸ˜€ cuma satu konten doang yang lengkap tapi perlu di revisi karena waktu itu kepengen ngejar index kontennya untuk persiapan sebelum di submit ke google webmaster. Subdomain itu belum gue optimalkan dengan baik mau dari segi onpage ataupun offpagenya, mungkin kalau offpage hanya root domain aja yang membantu, selebihnya sih belum melebarkan sayap-sayap backlinknya bro πŸ˜€ .

Sampai saat inipun subdomain yang gue punya itu belum gue submit ke google webmaster tools. Ketika gue cek beberapa kata kunci yang gue incar dan sudah masuk walaupun posisinya juga kurang keren πŸ˜€ dan saat itulah gue mulai koreksi apa yang telah gue lakukan terhadap seo.renaldirey.id. Dan ternyata gue baru sadar bahwa gue sudah memasang plugin seo di platform wordpress πŸ˜€ . Untuk meta-meta seonya juga sudah dilengkapi, hanya konten aje bro yang belum lengkap alias masih acak-acakan πŸ˜€ .

Seharusnya kan untuk sentuhan terakhirnya itu kan memasang plugin seo πŸ˜€ lah ini gue udah install dan menggunakan plugin seo πŸ˜€ jadinya begini deh πŸ˜€ wkwkwkkwkwk … Muncul dipermukaan serp dengan waktu yang kurang tepat πŸ˜€ .

Apakah hanya melengkapi meta-meta yang dibutuhkan oleh search engine google itu sudah cukup?

Menurut gue sudah cukup bro, kenapa begitu?? Seperti yang udah gue ceritain diatas bro,Β  dapat disimpulkan bahwa hanya melengkapi meta-meta yang dibutuhkan search engine google itu sudah cukup untuk pengindexan awal dan pastinya si robotnya google itu akan mengcrawl situs tersebut walaupun situs itu sama sekali belum di submit ke google webmaster. Dan mungkin aje situs itu mendapatkan posisi serp yang baik πŸ˜€ Kalo menurut gue sih yang eksperimen gue ini menggunakan subdomain dan bisa meningkat posisi serpnya mungkin karena dari root domainnya yang sudah oke, dan diwariskan(gak seluruhnya)Β kekuatannya ke subdomainnya. *anjiirrr ngomong apaan sih Ren, segala (diwariskan), emang lu kira apaan coba πŸ˜€ .

Ohh iya bro, satu lagi nih. Subdomain gue itu juga belum menggunakan sitemap juga loh πŸ˜€ menarik bukan, saking menariknya seperti apaan yak?? πŸ˜€ ahsudahlah gue bingung mau mengibaratkan kayak gimana, tapi menurut gue unik banget eksperimen gue ini πŸ˜€ .

Terus Ren, setelah itu lu melakukan apalagi untuk pengindeksannya? Hmmmm … yang gue bilang tadi bro, untuk onpage dan offpage itu gue belum optimal sama sekali, dan juga offpagenya hanya dari root domain gue doang yaitu renaldirey.id. Untuk onpage seperti yang udah gue bilang juga, masih acak-acakan dan kontennya masih dummy-dummy doang bro πŸ˜€ dan gue tinggalkan dah bro gegara gue sibuk sama urusan kerja πŸ˜€ . Ehh pas gue iseng-iseng cek “jasa seo di depok” dan kata kunci lainnya, kok bisa terindeks dengan posisi segitu yak πŸ˜€ hahaha …

Kalo lu mau mencoba eksperimen seperti ini, usahakan situs itu bukan situs utama lu atau domain utama lu, nanti takutnye gue disangka “orang sesat” lagiΒ gegara gue memberikan tips ini. Sebenernye konten ini bukan tips atau trik sih supaya situs lu bisa terindex dengan baik tanpa mensubmit ke google webmaster tools, tetapi lebih ke intermezo aja πŸ˜€ yaaa itung-itung gue share pengalaman gue yang menurut gue unik ini πŸ˜€ .

Segitu aja sih bro konten gue yang ambigu ini πŸ˜€ semoga dari apa yang gue share di konten ini terkait pengalaman gue ini bisa bermanfaat buat kalian-kalian yang lagi kepo tentang hal ini πŸ˜€ . Ohh iya bro, kalo mau diskusi soal ini, silahkan aje bro komen di thread ini, terbuka kok gak gue tutup untuk kolom komentarnye πŸ˜€ hahahaha …

Dan terima kasih juga sudah mampir ke blogΒ RenaldiΒ yang seadanya begini bro πŸ˜€ πŸ˜€ .

Sekian dan terima kasih bro.
Wassalamualaikum War’rahmatulahi Wabarakatu.