Sebelum Mengkritik Orang, SADAR DIRI Dulu Dong Bro!!

RenaldiRey.ID

Assalamualaikum bro, kali ini gue mau curhat-curhat nih bro entah tentang apaan 😀 wakakkaka …
Kritik memang dapat membangun seseorang untuk menjadi yang lebih baik, karena manusia itu membutuhkan kritik dan saran dari seseorang untuk merubah dirinya. Tapi, kritiknya jangan berlebihan seperti yang gue temuin sekarang ini. Baru 2 orang sih yang gue temuin dan mereka ini mengkritik terkait penggunaan bahasa yang orang lain gunakan di dalam suatu chatting group. Dan gue cuma 1 orang yg di kritik seperti ini, dan 1 orangnye lagi itu temen gue.

Mengkritik dengan berlebihan tuh bakalan menimbulkan perpecahan bro, apalagi kalo si pengkritik ini GAK MENGACA DIRINYA SENDIRI. Masalahnya adalah, si pengkritik yang mengkritik chat gue ini menggunakan bahasa di dalam chatnya itu GAK SESUAI DENGAN KAIDAH KEBAHASAAN SESUAI DENGAN KBBI, tapi dia mengkritik chat gue yang punya kesalahan 1 huruf doang di kritik sama dia, sedangkan dia memiliki kesalahan di tiap katanya, lah gue cuma 1 huruf doang di kritik. Dan gue gak terima kritikannye dia malah seakan-akan gue di anggep TOLOL sama itu orang dalam berbahasa. Emang gue sadar diri bro gue menggunakan bahasa di dalam chat itu gak sepenuhnya dengan kaidah kebahasaan, tapi gue gak mengkritik seperti orang yang satu ini yang mengkritik 1 huruf di chat gue sedangkan dia GAK SADAR DENGAN DIRINYA SENDIRI bahwa dia tidak sepenuhnya menggunakan bahasa sesuai dengan kaidah kebahasaan. Jangankan di dalem chat dah bro, gue aje di dalam blog gue sendiri aje gue sadar diri menggunakan bahasa kek gimane, wkaakkakka …

Hal seperti inilah yang bakalan menimbulkan perpecahan, apalagi dia mengkritik dengan orang yang sifatnye kek gue, wakakakak … Masalahnye gue di kritik dan di anggep TOLOL itu di salah satu group yang gue gabung, dan sekarang gue di KICK entah kenapa, padahal gue berusaha BUAT MENYADARKAN DIRINYA bahwa elu aje mengkritik gue bisa, tapi di kritik malah MENGALIHKAN PEMBAHASAN. Gue bodo amat di tegur sama yang empunya GROUPnya, tapi thread ini gue gak nyebutin group apa jadi menurut gue aman-aman aje lah bro 😀 .

Coba lu nilai sendiri bro, kata “bener” itu apakah sesuai dengan KBBI? Ini kata-kata yang dia chat di group. Gue mengkritik begini karena dia menkritik gue dan MENGHINA gue karena gue seperti dianggep TOLOL dalam berbahasa (emang sebenernye gue TOLOL sih, tapi gak usah menjatuhkan orang juga lah, gue sadar diri bro!! KAGAK KAYAK ELU YANG GAK SADAR), dan menyindir-nyindir attitude orang, attitude kritikan elu aje gak bermanfaat. Untuk apa di kritik walaupun masih 1 makna? Misal yang gue kritik “bener”, kan yang ada di KBBI kan “benar” bukan “bener“. Apa sih yang si brengsek kritik ke elu Ren? Gue dikritik ketika gue chat yang ada kata “jaman now“, dan dia benerin “zaman now“. Iya gue tau yang bener itu “zaman” bukan “jaman“, tapi gak usah dikritik juga lah NJINGS. Ada lagi “engga“, emang ada kata “engga” di KBBI? Adanye kan “tidak” bukan “engga“. Waaahhh kalo gue kritik disini bakalan gak ada habisnye lah bro, waaakakakkak …

Kalo lu gak mau di kritik kek gini dan elu gak merasa bersalah, ya lanjutkeun aje kritikan elu yang seperti ini, gue yakin PADA MENJAUH DAN PADA GAK MAU BERTEMEN SAMA ELU karena kritikan elu membenarkan bahasa yang orang lain gunakan sedangkan elu? ELU AJE MENGGUNAKAN BAHASA GAK SESUAI DENGAN KAIDAH KEBAHASAAN, kan ANJINGZ. SADAR DIRI Napa bro!! Udah gue sindir keras juga di group, bahkan disinipun gue sindir walaupun gak gue sebut NAMANYE. Gue bukannye pengen orang itu “minta maaf” ke gue, tapi seenggaknye SADAR lah terhadap kritikan elu. Kritikan elu itu secara tidak sengaja bakalan menimbulkan kegaduhan dan merusak pertemanan orang. Gue sendiri gak bakalan bertemen sama orang yang seperti ini walaupun dia minta maaf ke gue dan gue maafin, tetep aje gue gak bakalan bertemen sama orang itu. Keknye baru kenal sama bahasa udah BELAGU BANGAT. BELAGUNYE kenape Ren? Itu kritik-kritik chat gue dan menghina gue, apa gak BELAGU? Gillaaaa menurut gue BELAGU BANGAT!!!

Okelah bro, cukup itu aje sih thread ini, entah kenape thread gue esmosi terus, tapi tujuan gue membuat thread ini juga untuk menyadarkan orang-orang yang seperti ini (mungkin ada selain 2 orang yang gue temuin) untuk “GAK USAHLAH MENGKRITIK HAL SEPERTI INI“. Ohh menurut elu kalo membenarkan bahasa orang bukan mengkritik? Yaa itu sih terserah gue, tapi gue beranggapan itu mengkritik. Kenape? GAK SUKA LU SAMA THREAD GUE? Klarifikasi aje ke gue langsung, kalo bisa temuin gue.

Maaf ya untuk pihak-pihak tertentu yang tersinggung dengan konten ini, bukan gue bermaksud untuk MENGHINAKAN apa yak, tapi untuk menyadarkan orang-orang yang mengkritik sampe 1 huruf aja di kritik oleh orang itu. Tujuan gue itu aja sih gak ada maksud laen.

Oke sekian dari gue dan makasih sudah berkunjung ke blog Renaldi ini yang sebenernye gak penting 😀 wakakakakka ..

Sekian dan terima kasih bro.
Wassalamualaikum War’rahmatulahi Wabarakatu.