10 Hal untuk Membuat Hunian Sewa Menarik Konsumen

Assalamualaikum bro, kali ini gue mau bahas tentang membuat hunian sewa yang bisa menarik konsumen. Saat ini, beragam platform penyediaan akomodasi penginapan non-hotel baik dari website maupun aplikasi smartphone saat ini dapat dikatakan berperan dengan baik bagi penyedia serta konsumen. Tidak hanya memudahkan pencarian kebutuhan penginapan dari konsumen secara cepat, penyedia hunian juga dengan mudah dapat memasarkan huniannya.

Ditengah-tengah peran baiknya, pertumbuhan penyedia hunian yang semakin banyak menggunakan aplikasi sejenis ini membuat persaingan penyewaan semakin sangat sengit.Menanggapi persaingan penjualan yang terjadi, membuat para penyedia hunian mengulik metode pemasaran yang tepat. Membuat hunian terlihat bagus dalam unggahan foto, merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan popularitas. Selain paling umum digunakan, unggahan foto yang baik memiliki efek berkelanjutan dimana hunian yang disediakan berpotensi untuk dipasarkan secara masif oleh sang pengguna via media sosial.

Laura Ward, direktur desain At Home With Hostmaker, perusahaan layanan desain interior yang berbasis di London memaparkan bahwa perancangan dari ruangan dapat memainkan peran yang penting sebelum proses pengunggahan foto. Ia menyebutkan, ruangan yang interiornya didesain secara bijaksana dapat membawa kesan kemewahan hotel bintang 5 dalam unggahan foto sehingga dapat meningkatkan permintaan penyewaan serta tingkat harga sewa rumah di waktu-waktu tersibuk seperti masa liburan atau akhir pekan.

Dilansir dari dailymail.co.uk, Laura memaparkan terdapat 10 hal yang dapat menjadi patokan dalam mendesain hunian menjadi menawan di dalam foto untuk meningkatkan pemasarannya.

Tonjolkan Kesan Mewah

Dalam menonjolkan hunian yang disewakan, para penyedia harus mengorbankan sejumlah budgetnya untuk menampilkan elemen-elemen yang terkesan mewah. Misalnya dengan penggunaan wallpaper, karpet atau lantai kayu, atau sofa mewah.

Mendetailkan Desain

Sebelum memotret bagian-bagian dari hunian yang disewakan, para penyedia sewa diharuskan untuk menempatkan elemen-elemen secara mendetail. Hal ini ditujukan untuk membuat kesan ‘keniatan’ dan ‘cinta’ dari penyedia hunian dalam memberikan pengalaman bermukim dari sang konsumen.

Pemilihan Warna

Pewarnaan yang beragam atau konsisten dengan konsep hunian juga dikatakan dapat menambah suasana bagi para konsumen. Warna-warna mewah milenial seperti warna abu-abu industrial, putih, warna kayu, serta warna pastel merupakan yang paling banyak diincar oleh konsumen.

Maksimalkan Ruang Kecil dan Sudut Ruangan

Jangan sampai fokus mendesain hanya kepada ruangan-ruangan penting. Ruangan dengan ukuran kecil atau sudut ruangan juga dapat menjadi spot ternyaman dan spot berfoto untuk konsumen. Penyedia hunian sewa rumah dapat mengeksplor kreatifitas dengan melukis motif-motif atau menempelkan ornamen-ornamen aksesoris untuk menjadikan area tersebut memiliki makna.

Pencahayaan

Bagi Laura, pencahayaan merupakan poin yang paling penting karena dapat mempengaruhi bagus atau tidaknya sebuah ruangan. Ia menyarankan untuk memberi pencahayaan terang pada area-area umum seperti ruang tamu atau ruang keluarga untuk menimbulkan kesan luas, dan pencahayaan minim pada kamar tidur atau area membaca untuk menimbulkan kehangatan.

Area Jendela

Area jendela diketahui paling terlihat jika melalui pencahayaan natural. Penyedia hunian dapat menggunakan tirai tipis dekat gorden, untuk menimbulkan kesan yang elegan dan privat.

Pengalaman Beristirahat

Guna memperlihatkan kesan pengalaman terbaik dalam beristirahat, penyedia hunian harus menginvestasikan kasur dan sofa terbaik untuk dipampangkan dalam foto. Jangan lupa bahwa pengalaman istirahat konsumen merupakan poin penting dalam ulasan positif sebuah hunian.

Make Over Area Beristirahat

Melanjutkan hal sebelumnya, untuk menimbulkan kesan mewah, setiap kasur dan sofa harus dikurasikan dengan susunan bantal-bantal dan selimut yang rapi. Dalam mengkurasikan elemen-elemen tersebut, harus terdapat konsistensi dari tema/konsep yang para penyedia hunian tujukan.

Kurasikan Furnitur

Menonjolkan perpaduan dari furnitur yang bervariasi, misalnya furnitur mewah, kerajinan tangan, serta beragam barang unik lainnya akan mengangkat estetika dari sebuah ruangan agar tidak membosankan.

Instagrammable

Pada saat mendesain, penyedia hunian harus memperhatikan aspek ini, apakah layak sebagai sebuah spot berfoto untuk kepentingan instagram atau tidak. Menentukan label instagrammable juga akan sangat berperan sebagai tindak lanjut pemasaran ย oleh para pengguna yang pernah menghuni hunian tersebut.

Sekian dari thread ini semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca ini. Dan terima kasih juga sudah mampir ke blog Renaldi yang seadanya begini bro ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ .

Sekian dan terima kasih bro.
Wassalamualaikum War’rahmatulahi Wabarakatu.